Salam Olahraga!

 


OLAHRAGA, kata-kata yang cukup umum didengar oleh semua orang. Untuk pengertiannya, olahraga secara harafiah berarti kumpulan beberapa aksi atau gerakan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Namun, arti olahraga yang sebenarnya bukanlah hanya sekedar "olahraga" saja. Oleh karena itu, blog ini akan menjelaskan secara lengkap tentang olahraga, tujuan serta manfaat-manfaat yang bisa kita dapat.

Kuy! simak pengertiannya dibawah ini! 

PENGERTIAN OLAHRAGA:
Olahraga terdiri dari olah dan raga. Olah berarti melakukan kegiatan, sedangkan raga berarti tubuh sebagai wadah. Maka dari itu, olahraga bisa disimpulkan sebagai suatu proses atau kegiatan yang melibatkan badan sebagian atau seluruh anggota badan kita, baik untuk kesehatan kita ataupun hiburan.

JENIS-JENIS OLAHRAGA:

Hingga saat ini, kita bisa memilih banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan. Beberapa jenis olahraga tersebut bahkan mempunyai cabang yang berbeda-beda dan sering dipertandingkan dalam berbagai kejuaraan seperti SEA Games, Olimpiade dan hingga kancah internasional. 

Jenis-jenis olahraga secara umum dapat dibagi menjadi beberapa cabang sebagai berikut:

1. Cabang Olahraga Akuatik    

Cabang olahraga jenis ini berhubungan dengan air dan dilakukan di dalam air. Cabang olahraga akuatik terbagi atas beberapa jenis olahraga seperti:

a. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga cabang akuatik yang paling populer dan dikenal luas di seluruh dunia. Olahraga ini dilakukan dengan memperagakan gaya-gaya berenang untuk melatih jasmani kita seperti gaya dada, bebas, dan lain-lain.

b. Renang Indah

Berbeda dengan renang biasa, renang indah menambahkan kesenian dan kenggunan dalam aktifitasnya. Olahraga ini sering diperlombakan di ajang Olimpiade dengan kategori tunggal, duet, trio, dan beregu.

c. Polo Air

Olahraga ini termasuk cukup keras untuk dimainkan karena memadukan berbagai jenis olahraga lain seperti sepak bola, renang , dan lain-lain. Dan juga, aturan permainan untuk olahraga ini hampir sama dengan sepak bola. Bedanya olahraga ini dilakukan di dalam air.

d. Loncat Indah

Jenis olahraga akuatik ini memadukan gerakan melompat di udara, akrobatik, dan meloncat ke dalam air. Dalam perlombaan, ada lima nomor kategori untuk loncat indah yaitu papan 1 meter, 3 meter, sinkronisasi 3 meter, sinkronisasi 10 meter, dan menara 10 meter.

e. Arung Jeram

Dikenal juga dengan sebutan rafting, arung jeram termasuk olahraga akuatik yang cukup ekstrem. Dibutuhkan perlengkapan khusus untuk melakukan olahraga ini secara aman. Bagi pecinta olahraga ekstrem, arung jeram bisa menjadi sarana melepas stres dan memacu adrenalin.

2. Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua belah pihak. Masing-masing tim berisi 11 orang dengan satu orang bertugas sebagai penjaga gawang.

Memasuki abad ke-21, sepak bola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Oleh karena itu, sepak bola disebut sebagai olahraga yang paling populer di dunia.

Dalam pertandingan sepak bola, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola. Penjaga gawang diperbolehkan menyentuh bola baik dengan tangan maupun lengan hanya saat ia berada di dalam daerah gawangnya saja.

Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak pada akhir permainan akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika sampai waktu berakhir skor kedua tim masih sama, akan diberikan perpanjangan waktu.

Apabila skor tetap imbang maka akan dilanjutkan dengan adu penalti. Namun, hal ini bisa jadi tergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan itu sendiri.

3. Cabang Olahraga Bola Basket

Bola basket merupakan jenis cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok. Setiap tim bola basket terdiri dari lima orang. Mereka harus bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan.

Tim yang berhasil mencetak poin lebih banyak pada ring lawan akan menjadi pemenangnya. Cabang olahraga ini umumnya dimainkan di ruang tertutup dengan lapangan yang relatif kecil jika dibandingkan dengan sepak bola.

4. Cabang Bola Voli

Bola voli adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim. Kedua tim ini masing-masing terdiri dari enam orang yang saling berlawanan. Dalam perkembangannya, ada juga variasi permainan bola voli pantai yang dimainkan oleh dua pasangan.

Cabang olahraga ini dilakukan dengan memakai tangan dengan tujuan memukul bola supaya melewati jaring atau net. Tim bola voli akan mendapatkan poin jika berhasil menjatuhkan bola tersebut di area permainan lawan.

Bola voli merupakan cabang olahraga di bawah naungan FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasionalnya. Sementara itu, di Indonesia olahraga ini dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

5. Cabang Olahraga Atletik

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang bergengsi seperti Olimpiade dan Asian Games. Atletik sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok.

Secara garis besar, cabang olahraga ini bisa dikelompokkan menjadi lempar, lompat, jalan, dan lari. Berikut ini beberapa nomor yang diperlombakan pada cabang olahraga atletik.

a. Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan jenis olahraga lempar dalam atletik. Olahraga ini menggunakan bola dengan beragam berat sebagai medianya.

Seorang atlet tolak peluru harus menguasai teknik-teknik yang benar seperti teknik memegang peluru, meletakkan peluru pada bahu, dan menolak peluru.

b. Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan jenis olahraga atletik yang ketentuan permainannya diatur oleh IAAF (International Association of Athletics Federations). Panjang lembing yang digunakan atlet pria adalah 2,6-2,7 meter, sedangkan wanita adalah 2,2-2,3 meter.

Selain tolak peluru dan lempar lembing, baik lempar martil maupun lempar cakram juga termasuk dalam olahraga atletik.

c. Lompat Tinggi

Dalam olahraga ini, seorang atlet harus melakukan lompatan setinggi-tingginya melewati mistar. Capaian lompat tinggi umumnya diukur sesuai ketepatan saat Anda mendarat. Ada beberapa gaya dalam lompat tinggi seperti gaya gunting, guling sisi, dan straddle.

d. Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik ini terdiri dari gerakan melompat, melayang, dan mendarat sejauh-jauhnya. Lompat jauh juga memiliki beberapa gaya seperti gaya berjalan di udara, jongkok, dan menggantung.

Anda juga bisa menemukan olahraga atletik jenis lompat lainnya seperti lompat galah dan lompat jangkit.

e. Lari

Lari merupakan cabang olahraga atletik yang terdiri dari beberapa nomor pertandingan seperti lari jarak jauh, menengah, pendek, maraton, dan estafet. Setiap nomor tersebut mempunyai aturan yang berbeda-beda. Selain itu, teknik yang digunakan pun tidak sama.

Misalnya, untuk lari maraton setiap atlet baik putra maupun putri harus menempuh jarak 42.195 m. Sementara lari jarak pendek mempertandingkan beberapa nomor antara lain 100 m, 200 m, dan 400 m baik untuk putra maupun putri.


Sekian dari perkenalan saya. Terimakasih telah membaca sampai akhir! Ikutin terus kisi-kisi olahraga kita ya! Sampai bertemu di lain kesempatan.

.

.

.

.

.

.

SALAM OLAHRAGA!

Comments

Post a Comment

Masukan anda akan sangat berguna untuk perkembangan blog ini!

Popular posts from this blog

Olahraga Viral 2020!

Futsal? Kuy!

Kebiasaan Buruk Olahraga? Jangan Dilakukan Ya!