Corona? Siapa takut!



Corona Virus Covid-19 - Gambar gratis di Pixabay

2 Maret 2020
.
.
Hari dimana kasus CoVid-19 (Coronavirus) muncul di Indonesia. Sejak saat itu, segalanya berubah secara drastis, dari cara kita berinteraksi, melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, perubahan yang signifikan dalam aspek pendidikan dan ekonomi juga cukup terdampak dikarenakan CoVid-19 ini. 


Untuk menekan peta penyebaran pandemic CoVid-19 ini, pemerintah mengapplikasikan PSSB ( Pembatas Sosial Skala Besar ) agar masyarkat tidak terkena virus ini. Hingga saat blog ini ditulis (29/8), sebanyak 169.195 orang terinfeksi, 122.802 sembuh dan 7261 orang meninggal. Jumlah yang cukup mengejutkan, mengingat belum ada tanda-tanda bahwa virus ini akan segera berhenti. Maka dari itu, pemerintah menghimbau masyarakat untuk stay at home (#dirumahsaja) dan melakukan karantina mandiri. 

Hmmm.... daripada gabut dirumah aja dan rebahan setiap hari, lebih baik olahraga yuk agar bisa melawan virus corona ini. Kisi-kisi olahraga akan memberikan beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan dirumah agar para pembaca bisa sehat! #kitalawancoronaEits.. sebelum itu, jangan lupa ya sebelum olahraga harus cuci tangan dulu yaa.. 

Kuy! Simak beberapa tips olahraga yang bisa kalian praktekkan selama #dirumahsaja .

1. Olahraga aerobik

Group Of Five Professional Sportswomen Making Stretching Exercises.. Stock  Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 58985778.

Olahraga dalam ruangan yang bisa dilakukan pertama adalah aerobik. Olahraga aerobik bisa dilakukan dengan berjalan cepat menaiki atau menuruni tangga di rumah selama lebih kurang 10-15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Selain itu, olahraga ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai variasi gerakan seperti senam aerobik, menari dan lompat tali agar latihan fisik tidak terasa membosankan.

 

2. Melakukan Squat and Lunges

Exercise,fitness,lunges,sportswear,free pictures - free image from  needpix.com

Latihan kekuatan otot seperti squat and lunges juga bisa dilakukan di rumah. Latihan ini termasuk mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak-anak. 

Latihan Squat dilakukan dengan cara menekuk lutut seperti posisi duduk di kursi dengan tubuh yang tegap. Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian berdiri seperti biasa. 

Kemudian, Lunges dilakukan cara menekuk satu sisi lutut dengan posisi 90 derajat, dan lutut sebelahnya ditekuk ke belakang. Ulangi gerakan ini secara bergantian antara lutut kanan dan kiri selama beberapa kali.


3. Stretching

Stretching And Exercising Free Stock Photo - Public Domain Pictures

Melakukan stretching atau peregangan sangatlah penting. Terlebih bagi yang melakukan aktivitas work form home. Pekerjaan tersebut tentu akan sangat menyita waktu sehingga seseorang lupa untuk beristirahat dan melakukan peregangan otot. Stretching sendiri jugalah sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan olahraga lainnya.

Lakukanlah stretching setiap 2 jam sekali. Lakukan peregangan ini selama 10 sampai 15 detik. Perlu diketahui, duduk dalam waktu yang lama dapat berbahaya untuk kesehatan. Masalah kesehatan yang ditemui biasanya sakit punggung, sakit jantung hingga meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

 

4. Push Up dan Sit Up

100 Days of Push-ups and Sit-ups Commander's Fitness Challenge

Kegiatan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah push up dan back up. Push up diketahui dapat melatih kekuatan otot lengan bagian depan, sedangkan back up bisa melatih otot perut dan pinggang.

Push up bisa dilakukan dengan posisi tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan, serta posisi kaki yang lurus. Angkat badan dengan tangan dan kaki kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini berulang selama beberapa kali.

Kemudian gerakan Sit up dilakukan dengan posisi badan tengkurap kemudian tangan berada di kepala belakang. Posisi kaki tetap lurus, angkat badan menggunakan otot perut sebagai tumpuan.

Olahraga ini diketahui bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa membakar kalori lebih banyak.

 

5. Berlari

Halaman 196 | gratis berlari. foto | Piqsels

Melakukan olahraga lari bisa kok dilakukan di dalam rumah. Olahraga lari bisa disekitar rumah atau taman.

Lakukan lari-lari kecil, kemudian mulai berlari mengelilingi halaman rumah. Gerakan lari juga bermacam-macam, lari bisa dilakukan sambil melompat kecil, berlari sambil mengangkat lutut tinggi-tinggi, atau lari secara zigzag seperti pemanasan para pemain bola.



Inilah tips-tips untuk melakukan olahraga di kala pandemi CoVid-19 ini. Selalu cuci tangan sebelum melakukan olahraga-olahraga diatas yah. Jangan lupa stretching terlebih dahulu untuk mencegah cedera.
Sekian dari kisi-kisi olahraga ini, sampai ketemu di lain kesempatan dengan lebih banyak kisi-kisi yang saya sampaikan.

Terimakasih dan sampai jumpa.
.
.
.
.
.
.
Salam Olahraga!

Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Viral 2020!

Futsal? Kuy!

Kebiasaan Buruk Olahraga? Jangan Dilakukan Ya!