Mau menantang maut? Lakukan olahraga ini!

terjun payung, olahraga, ekstrim, melarikan diri, langit, keindahan, duo,  normandia, pesawat terbang, jatuh, melayang | Pikist
Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan tubuh ataupun sekedar hiburan. Akan tetapi, ada beberapa olahraga yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan hal-hal buruk. Mulai dari cedera ringan maupun berat, hingga ada yang berujung pada kematian. Olahraga inilah yang disebut sebagai olahraga ekstrim atau bahasa kerennya extreme sport, yang hanya dilakukan oleh para penyuka tantangan. 


Kisi-kisi olahraga hari ini akan merangkum beberapa olahraga terekstrim yang ada di dunia bagi para penyuka tantangan. Berminat? Kuy! Simak olahraga-olahraga tersebut di bawah ini!

1. Terjun Lenting
Here's Why Bungee Jumping In Goa Won't Be A Bad Idea  
Olahraga ini biasanya dikenal dengan nama bungee jumping. Pastinya, olahraga ini tidak asing di telinga kita. Bungee jumping adalah makanan wajib untuk para pecinta adrenaline atau biasanya dikenal sebagai adrenaline junkie. Olahraga ini dilakukan dengan cara mengikat kaki dengan tali lalu melompat dari ketinggian dan memantul kembali ke atas. Olahraga ini sangat seru dan asyik untuk mengusir stress. Namun, olahraga ini juga cukup beresiko dan tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki fobia ketinggian ataupun anak-anak. 

2. Flyboarding
Action,attraction,balance,bikini,fly - free image from needpix.com
Flyboarding adalah olahraga air ekstrim yang dimainkan dengan flyboard. Flyboard sendiri adalah sebuah papan yang dilengkapi water jet pack yang berfungsi sebagai pendorong, dimana barang tersebut terhubung pada sebuah mesin. Bermain flyboard memberikan kita sensasi terbang di atas air bagaikan superhero. Semburan air yang kuat dari water jet pack dapat menerbangkan kita hingga 15 meter di atas permukaan air. Namun, flyboarding memiliki resiko cedera yang cukup tinggi seperti terjatuh atau terbentur papan flyboard itu sendiri. Maka dari itu, keseimbangan tubuh sangatlah penting untuk memainkan olahraga ini.

3. Cave Diving
File:Cave diving at Piccaninnie Ponds.jpg - Wikimedia Commons
Cave diving atau menyelami gua adalah salah satu olahraga yang berfokus menjelajahi gua-gua yang dibanjiri air. Olahraga ini memiliki resiko tinggi karena para penyelam harus berhadapan dengan penurunan tekanan udara di dalam tubuh saat menyelam atau keracunan karbon dioksida. Cave diving sendiri juga membutuhkan keahlian dan pengalaman menyelam yang tinggi untuk meminimalisir resiko. 

4. Panjat tebing
Rock Climbing for People Afraid of Falling
Olahraga ini membutuhkan kekuatan otot, kemampuan memanjat, dan keseimbangan dalam melakukannya. Jika ingin melakukan olahraga ini, kamu harus memiliki peralatan pendakian yang lengkap dan teknik memanjat yang tepat agar dapat meminimalisir resiko yang bisa terjadi. 

5. BASE Jumping
File:04KJER0243.jpg - Wikimedia Commons
BASE adalah singkatan dari building, antenna, span (jembatan), dan earth (tebing) yang mengacu pada tipe-tipe tempat di mana olahraga ini dapat dimainkan. Sekilas BASE jumping mirip dengan terjun bebas. Hanya saja dilakukan bukan dari pesawat namun dari atas gedung, menara tinggi, jembatan, dan tebing. BASE jumping adalah salah satu olahraga ektrim yang paling mematikan karena sempitnya jeda waktu antara terjun bebas dan waktu pembukaan parasut untuk mendarat sehingga olahraga ini sangat beresiko yang bisa berujung kematian. Oleh karena itu, BASE jumping bukan hanya membutuhkan keberanian tetapi juga perhitungan yang matang serta persiapan perlengkapan yang teliti. Olahraga ini merupakan olahraga. 

6. Slacklining
File:Cambridgeslackerssaf40.jpg - Wikimedia Commons
Slacklining adalah olahraga ekstrim yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bernyali dan punya konsentrasi tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan cara berjalan menyebrangi seutas tali yang diikat di antara dua tebing. Melakukan slacklining sangat membutuhkan keseimbangan badan dan fokus yang tinggi agar bisa terhindar dari segala jenis petaka. 

7. Cliff Diving
Royalty-Free photo: Time lapse photography of man jumping off the cliff |  PickPik
Cliff Diving adalah loncat indah versi ekstrim. Alih-alih melompat dari papan lompat ke kolam renang berair tenang, olahraga ini dilakukan dengan melompat dari tebing curam dengan bebatuan kasar ke dalam laut. Olahraga ini sangat menguji konsentrasi dan keberanian pemainnya karena risiko yang dihadapi sangat besar, bahkan nyawapun bisa melayang jikalau tidak hati-hati. 

8. Coasteering
Mountaineer Climb Sport - Free photo on Pixabay
Coasteering adalah olahraga yang berfokus pada kegiatan di sekitar pantai berbatu. Kegiatannya termasuk menyusuri tebing, lompat dari atas tebing, hingga berenang di air yang berombak. Olahraga ini biasa dilakukan beramai-ramai. Untuk melakukan olahraga ini, rompi pelampung adalah peralatan yang wajib dikenakan serta diharuskan memiliki skill  berenang yang mumpuni. Olahraga ini bisa dikatakan cukup ekstrim karena dilakukan di kawasan yang cukup berbahaya.

9. Parkour
File:Team JiYo - pioneerne indenfor parkour i danmark.jpg - Wikimedia  Commons
Pada dasarnya, parkour merupakan aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan efisien. Dalam melakukan olahraga ini, kamu diharuskan untuk bisa bergerak cepat dan menampilkan seni gerak tubuh yang menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Olahraga ini memiliki resiko yang sangat tinggi karena bisa beresiko kematian, terutama jika dilakukan diatas gedung-gedung bertingkat dan kurang berhati-hati dalam melakukan gerakan.

10. Wingsuit flying
File:Ocean Wingsuit Formation (6366966219).jpg - Wikimedia Commons
Wingsuit flying adalah olahraga menerbangkan tubuh dari ketinggian dengan menggunakan pakaian khusus. Untuk melakukan olahraga ini, kamu harus berada pada ketinggian tertentu, kemudian terjun dan melayang dengan bebas di udara. Untuk bisa melakukan olahraga ini kamu harus sudah memiliki pengalaman sebagai penerjun bebas atau skydiver, serta memiliki kartu izin sebagai penerjun.


Dari 10 olahraga ekstrim di atas, manakah yang bakal kamu lakuin untuk menguji adrenalin kamu? Komen dibawah ya! Kalo mimin sih panjat tebing, soalnya bisa menikmati pemandangan indah dari atas tebing :) 
Semua olahraga boleh dilakukan, tapi tetap harus mengikuti prosedur yang diarahkan agar terhindar dari kejadian yang tidak diharapkan karena keselamatan selalu yang diutamakan.

Sekian dari kisi-kisi kali ini. Terimakasih telah membaca sampai akhir. Kisi-kisi Olahraga akan kembali dengan lebih banyak topik-topik yang menarik dan informatif. Sampai jumpa di lain kesempatan!
.
.
.
.
.
.
Salam Olahraga!

Comments

Post a Comment

Masukan anda akan sangat berguna untuk perkembangan blog ini!

Popular posts from this blog

Olahraga Viral 2020!

Futsal? Kuy!

Kebiasaan Buruk Olahraga? Jangan Dilakukan Ya!