Cabang Olahraga Terpopuler? Kuy Mainkan!



Pada dasarnya, olahraga merupakan suatu aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang-orang untuk menyehatkan tubuh dan melepas stress. Terlepas dari itu, ada beberapa cabang olahraga populer yang digemari oleh kalangan masyarakat hari ini. Olahraga apakah itu? Kisi-kisi olahraga kali ini akan kembali dengan topik "Cabang Olahraga Terpopuler"! 

Kuy! Simak apa saja olahraga yang paling populer di dunia!


1. Sepakbola


Pastinya kalian sudah tidak asing dong dengan olahraga ini. Sepakbola adalah olahraga terpopuler di dunia dengan penggemar yang berjumlah sekitar 4 milyar orang atau kurang lebih setengah dari populasi dunia. Hampir semua orang mengetahui dan mengenal atlet-atlet sepakbola. Sebut saja David Beckham, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Pele, Maradona, dan masih banyak lagi. Mereka sudah seperti ikon sepakbola di mata orang. Sepakbola dimainkan dengan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Setiap tim harus menjaga gawang mereka agar tidak kemasukan bola. Tim yang gawangnya kebobolan akan membuat tim lawannya mendapatkan tambahan satu poin (gol). Tim dengan gol terbanyak dalam suatu pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

2. Cricket


Cricket atau kriket adalah olahraga yang populer setelah sepakbola. Walaupun olahraga ini tidak terlalu terkenal di Indonesia, nyatanya olahraga ini sangat terkenal di Inggris. Konsep olahraga ini mirip dengan baseball, dimana terdapat 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Tiap tim bertujuan mencetak sebanyak mungkin poin dengan mengelilingi lapangan dan mencetak skor. Ada tim yang bertugas menjaga dan mem ‘bowl’ bola, ada juga tim yang bertugas memukul dan berlari. Nantinya tugas ini berganti-ganti seiring dengan berjalannya permainan.

3. Basket


Basket sendiri adalah olahraga yang cukup terkemuka di kancah internasional, seperti NBA (National Basketball Association). Pastinya juga semua orang mengenal atlet professional yang sudah menjadi ikon basket. Sebut saja Michael Jordan, Stephen Curry dan yang baru meninggalkan kita akhir-akhir ini yaitu Kobe Bryant #RIPKOBE24. Basket dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Setiap tim harus memasukkan bola kedalam ring lawan untuk mendapatkan poin. Ring tersebut berbentuk cincin yang menghadap secara vertical (lubangnya diatas) dan digantung pada ketinggian sekitar 10 kaki, atau sekitar 3 meter.

4. Bulutangkis

Olahraga ini adalah olahraga nasional Indonesia, dimana para atlet-atlet kita mengharumkan nama bangsa di pentas internasional. Sebut saja Susi Susanti, Taufik Hidayat, Jonathan Christie, dan masih banyak lainnya. Olahraga ini bisa dimainkan oleh 2 hingga 4 orang dalam sistem tunggal dan ganda.

5. Bola Voli


Bola voli biasanya dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 6 orang. Setiap tim bertujuan untuk memasukkan bola kedalam lapangan lawan tanpa menyentuh net. Tim yang berhasil memasukkan bola hingga menyentuh tanah/dasar lapangan akan mendapatkan poin. Posisi pemain akan selalu berotasi seiring berjalannya pertandingan. Olahraga ini cukup populer di negara Amerika Latin.

6. Tenis Meja


Tenis Meja dimainkan oleh dua tim yang dapat beranggotakan satu atau dua orang, memukul bola agar melewati net, dengan menggunakan raket khusus. Olahraga ini cukup populer di kawasan Asia, terutama di China. Olahraga hampir sama dengan bulutangkis, namun memiliki peraturan yang sedikit berbeda di sistem ganda. 

7. Baseball


Permainan baseball terdiri dari 2 tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang. Setiap tim bergantian memiliki tugas memukul dan tugas jaga base. Tim yang ditugaskan menjaga base harus menghalangi pemukul yang mencoba berlari mengitari lapangan ke base-base yang ada. Tim pemukul harus mengitari lapangan dan menyentuh tiap base agar dapat poin saat berhasil menyentuh base akhir (home base). Olahraga ini cukup populer di Amerika Serikat.

8. Golf


Golf dimainkan dengan cara memukul bola agar bola tersebut masuk kedalam lubang. Atlet golf dapat menggunakan berbagai jenis pemukul untuk mendapatkan efek yang berbeda-beda. Ada yang didesain untuk pukulan jarak dekat, ada juga yang didesain untuk jarak jauh. Bahkan, tidak jarang pemukul tersebut dibuat khusus sesuai dengan keunikan tiap atlet Golf. Atlet yang dapat memasukkan bola dengan jumlah pukulan ter-sedikit memenangkan pertandingan.

Sekian dari Kisi-kisi olahraga kali ini. Dari 8 olahraga di atas, mana sih yang paling kamu suka? Tulis di kolom komentar ya! Kalo mimin sih jelas sepakbola, karena sepakbola bukan hanya sekedar permainan #beautifulgame. Terimakasih telah membaca sampai akhir dan sampai jumpa di lain kesempatan dengan kisi-kisi yang lebih menarik lagi!
.
.
.
.
.
.
Salam Olahraga!

Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Viral 2020!

Futsal? Kuy!

Kebiasaan Buruk Olahraga? Jangan Dilakukan Ya!