Kebiasaan Buruk Olahraga? Jangan Dilakukan Ya!

High School Boys Running In Cross Country Race Editorial Photography -  Image of country, moving: 16849207
Di era globalisasi saat ini, olahraga sudah menjadi esensi yang tidak bisa terhindarkan dalam kehidupan kita. Olahraga memang banyak dilakukan oleh semua orang, dari anak-anak hingga dewasa, dari artis hingga para pejabat juga pasti melakukan aktivitas ini. Tujuannya pun beragam, dari yang hanya sekedar mencari hiburan sampai menyehatkan tubuh, bahkan untuk mempercantik diri. 

Namun, jika olahraga tidak dilakukan secara benar, justru bisa berdampak negatif untuk tubuh ataupun tidak mendapat hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang saat berolahraga. Berikut, Kisi-kisi olahraga akan mengulas beberapa kebiasaan buruk dalam berolahraga yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Kuy! Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Olahraga yang Terlalu Berlebihan.
wakeborden, olahraga, olahraga Air, air, peselancar, aktivitas | Pikist
Kebiasaan buruk saat berolahraga yang pertama adalah olahraga yang berlebihan. Hampir semua orang berasumsi jika berolahraga lebih keras merupakan metode yang efektif. Akan tetapi, metode tersebut sebenarnya tidak benar. Melakukan olahraga secara berlebihan dapat berdampak buruk pada tubuh dan juga meningkatkan resiko terjadinya cedera. Oleh karena itu, pastikan jangan olahraga terlalu sering . Dengarkan tubuh anda ketika tubuh sudah tidak mampu atau sudah kelelahan. Selain itu, porsi latihan juga harus disesuaikan dengan kemampuan sendiri.

2. Kurangnya Variasi Latihan
Wallpaper woman, female, workout, ball training images for desktop, section  спорт - download
Selanjutnya, variasi latihan juga berperan penting dalam aktivitas olahraga. Kecenderungan melakukan gerakan yang sama mengakibatkan hasil yang didapatkan menjadi kurang efektif. Selain itu, bentuk tubuh juga menjadi tidak seimbang akibat kurangnya variasi olahraga. 

3. Beristirahat di Tengah Berolahraga
Jangkrik Olahraga Pemain - Foto gratis di Pixabay
Memang olahraga tidak boleh dipaksa, namun ada baiknya jika memperhatikan jeda dan repetisi (set) yang sedang dilakukan. Dan juga, menjaga detak jantung agar tetap stabil jugalah penting untuk membakar kalori dan lemak lebih cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak beristirahat terlalu lama saat sedang berolahraga. Namun, jika sudah merasa lemas atau pusing maka hentikan olahraga tersebut. 

4. Minimnya Asupan Air 
Do we really need to drink 1.5 to 2 L of water in a day even if 7/10 our  body is H2O? - Quora
Ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat sebagai mekanisme pengeluaran cairan di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan keluarnya cairan tubuh dan bisa meyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah masalah utama yang sering dihadapi oleh sebagian besar pelaku olahraga, terutama mereka yang terlibat dalam latihan yang sangat berat. Ketika kita berkeringat, tubuh kita membuang racun dan mendinginkan tubuh melalui keringat. Oleh karena itu, rehidrasi sangatlah penting agar cairan tubuh kita tetap terisi

5. Mengabaikan Pemanasan
berlari, atletik, olahraga, jalur, jogging, tempat bermain, latihan,  pemanasan, maraton, kesehatan, kompetitif | Pikist
Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang paling umum dilakukan, karena ada yang merasa bahwa tubuhnya baik-baik saja tanpa melakukan pemanasan atau stretching. Hal ini salah besar, karena pemanasan sangat penting untuk mempersiapkan tubuh kita sebelum berolahraga. Dengan melakukannya, tubuh akan terasa lebih ringan dan lebih siap untuk beraktivitas. Selain itu, melakukan pemanasan juga bisa meminimalisir resiko cedera yang diakibatkan olahraga.

6. Olahraga dengan Perut Kosong
From mental health gyms to intuitive fitness: the biggest fitness trends of  2020
Kebiasaan buruk satu ini salah satu yang paling jarang disadari banyak orang, khususnya para pemula. Berolahraga dengan perut kosong tidak baik dilakukan. Pasalnya, ketika gula darah tubuh merendah saat olahraga, maka tubuh akan menggunakan glikogen dari jaringan otot kita. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan massa otot yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah lemas dan tidak bertenaga.


Nah begitulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang terjadi ketika berolahraga, apakah ada salah satu kebiasaan kalian? Kalo iya, kalian harus tinggalkan sesegera mungkin ya! Karena hal tersebut tidak membuat tubuh bugar namun malah mengakibatkan olahraga menjadi tidak efektif. Maka dari itu, ayo budayakan olahraga efektif!

Sekian dulu kisi-kisi olahraga kali ini. Terimakasih telah membaca sampai akhir. Sampai jumpa di lain kesempatan!
.
.
.
.
.
.
Salam Olahraga!

Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Viral 2020!

Futsal? Kuy!

Corona? Siapa takut!